Berbicara mengenai event organizer atau disebutkan EO,kita harus pahami dahulu mengenai apa persyaratan event organizer. Istilah ini saat ini benar-benar sangat populer, karena dunia EO di beberapa tempat makin mengalami perkembangan. Bahkan juga, beberapa orang sudah menjadikan sebagai karier.Dan menurut ahli management Prof Rhenald Kasali, menyampaikan jika usaha Event Organizer adalah usaha yang mengaplikasikan ide management secara berkaitan dan stabil dalam mengeksploitasi dunia pertunjukan sedalam-dalamnya. Yang dibuat dari sebuah team dan menulis every singel detil proses dari memilih acara, mengkemas acara,pembayaran, mengurusi hal pemberian izin, memberikan keyakinan keamanan dalam sebuah event, mempersiapkan tehnologi dan marketingnya, sampai pada event report (laporan pertanggung jawaban) atau penilaian

Daftar Isi

  1. Event organizer adalah?
  2. Berapakah gaji dan pendapatan EO?
  3. Event organizer sebagai professi
  4. Cara kerja event organizer
  5. Jenis event organizer
  6. Tips menjalankan bisnis event organizer
  7. Pertanyaan seputar event organizer

 

1.Event Organizer adalah

Event organizer sebagai jenis usaha di dunia usaha pertunjukan yang memerlukan sumber daya manusia yang ahli di bagian ini. Karier sebagai EO memerlukan individu yang berani, inovatif dengan beberapa ide berkilau hingga bisa memberi kualitas jasa yang berpengaruh pada kepuasan konsumen setia. Instansi pengajaran diharap bisa menjawab keperluan dunia usaha akan kualitas sumber daya manusia yang kapabel jalankan bisnis event organizer.

 

2. Berapakah Gaji dan Pendapatan EO

Usaha event organizer ini cukup menarik. Penghasilan kotor event organizer dapat capai Rp200 juta sampai Rp500 juta untuk sekala EO sekala kecil,Untuk sekala menegah Rp 500 Juta sampai Rp2 milyar. Sekala Besar daiatas Rp3 milyar. jika kamu jadi staff satu pelaksana acara, kamu akan mendapatkan upah dasar minimum Rp3.000.000 dan ditambahkan bonus.Upah karywanan untuk EO menengah atas atau MICE-PCO seperti Proyek Manajer Rp 8-20 Juta,Sales Manajer Rp 5-15 Juta, Staf EO Rp 3-5 Juta adminsitrasi, teknis.

 

3.Event Organizer sebagai professi

Management Event adalah sebuah program kuliah di perguruan tinggi mata kuliah ini disebutkan Event Manajemen. Perubahan usaha Event Organizer di Indonesia yang tetap berkembang membuat ketertarikan kuliah pada program studi Event Management bertambah profesional dan kemahiran menjadi seorang event organizer untuk Event Manajemen. Di perguruan tinggi jalur ini pada tingkatan D4 dan S1. Untuk Program Sarjana misalkan, Program Event Manajemen dibuka di Politeknik Internasional Bali. Sementara untuk S1 Management Event Kampus Prasetiya Mulya dapat menjadi satu diantara rekomendasi kampus Jalur Event Manajemen di Indonesia.Pada umumnya, management event yang didalami di perguruan tinggi terdiri menjadi dua industri, yakni MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) dan special event yang meliputi event budaya, pernikahan, olahraga, ulang tahun, dan sebagainya.

 

4.Cara Kerja Event Organizer

Untuk Anda yang kebingungan bagaimana langkah kerja event organizer itu? Kami telah memberi timeline kerja event organizer dalam menghandle satu acara. Berikut penjelasannya:

Membuat konsep acara

Langkah kerja pertama kali dalam event organizer adalah membuat konsep acara yang hendak dikerjakan dengan tim pokok. Beberapa hal yang penting diulas adalah topik acara, lokasi, waktu, pengisi acara, selingan, dan yang lain. Dengan membuat ide acara yang memikat maksudnya supaya beberapa pengunjung yang tiba dapat terkesan hingga dibahas beberapa orang. Lantas bagaimanakah cara membuat ide acara yang memikat dan dapat terkesan? Jawabannya bawalah beberapa orang yang inovatif dan mempunyai pertimbangan out of the box.

Pendefinisian teknis acara

Bila ide acara telah maka cara setelah itu merangkum teknis acara. Anda harus cermat mengenai apa yang diperlukan, ada satu perihal saja yang terlewatkan maka mempunyai berpengaruh pada penerapan acaranya. Karena itu Anda dapat membuat checklist apa yang perlu disanggupi supaya tidak ada yang terlewatkan. Contoh saja saat membuat ide acara pameran perumahan, karena itu Anda harus pikirkan mengenai lokasi, hari, pengisi acara, merek dan yang lain.

Pengaturan anggaran

Sesudah ide dan tehnis acara telah maka cara setelah itu membuat anggaran untuk acara. Dengan pengaturan yang detil, Anda dapat hitung kurang lebih berapakah biaya yang dibutuhkan. Dalam teknisnya anggaran ini akan dipisah kembali jadi bagian-bagian misalnya:

  • Keperluan administrasi Fasilitas
  • hotel Transportasi udara atau darat
  • Promo dan publisitas online atau off-line
  • Pengisi acara
  • Konsumsi dan kudapan
  • Sewa lokasi: Meeting Room, Exhibition hall
  • Panggung, sound system dan lighting
  • Dekorasi acara
  • Souvenir SDM tambahan

 

Berbeda acara berbeda anggaran. Maka pendefinisiannya disamakan. Di saat membuat anggaran aktivitas, seharusnya kamu membagikan ke bagian seperti sudah diilustrasikan di atas.Maksudnya supaya lebih gampang dalam memantau menambahkan untuk keperluan memang belum terdaftar sesuai kebutuhan acara.

Pembagian tugas atau job diskripsi EO

Pembagian pekerjaan perannya supaya setiap divisi atau anggota mempunyai tanggung-jawab untuk keperluan acara. Misalkan kamu ingin untuk acara musik, bagilah team sesuai keperluan seperti team peralatan bekerja cari persewaan alat musik atau sound sistem, tim acara bekerja carilah mc,bintang tamu, group musik dan tim keuangan pekerjaannya cari permodalan dan sponsor.

Permodalan

Permodalan dapat dilaksanakan dengan beragam langkah seperti modal individul, pihak kedua maupun perusahaan eo. Cari dana dari donatur dan bekerja sama dengan sponsor,organisasi atau perusahaan yang kiranya tertarik dengan acara yang tim kamu bikin.Janganlah lupa buat daftar sasaran donatur dan sponsorship sumber permodalan, upayakan samakan dengan topik acara agar mereka ingin keluarkan dananya.

Persiapan acara

Saat dekati acara, umumnya event organizer punyai timeline dan deadline untuk tiap divisi agar pembagian pekerjaan tidak terhambat. Disamping itu, melangsungkan gladi bersih. Umumnya persiapan acara dibuat 3 bulan sampai setahun bergantung kecil besarnya acara.Beberapa halangan dan rintangan umumnya ada di tahapan ini, misalkan seperti lokasi yang tidak ada, keinginan tambahan dari sponsor, kesusahan cari supplier, dan masalah pengaturan materi publisitas.

Survei Lokasi acara

Bahas dengan pihak internal dan external untuk survei lokasi saat sebelum acara diselenggarakan.Supaya memudakan untuk kelancaran acara mulai dari fasilitas, lokasi dan sarana apa yang ada di lokasi itu.

Pelaksanaan acara

Tahapan selanjutnya yakni pelaksanaan acara di mana kamu sebagai moment event organizer akan terjun langsung. Kamu harus siap jika ada sesuatu hal yang terjadi di luar sangkaan. Nach, disini keutamaan membuat gagasan cadangan.Koordinir team selalu harus diaplikasikan agar acaranya berjalan lancar dan siap kalau-kalau ada masalah waktu seperti penyediaan acara yang mundur, pengisi acara telat datang, konsumsi untuk panitia dan pengunjung tidak tercukupi, ada anggaran tambahan yang perlu dikeluarkan, lokasi tidak mencukupi,kamar hotel kurang dan sebagainya.

Laporan acara

Membuat Laporan pertanggung jawaban untuk pelaksana event jadi satu kewajiban yang perlu dilaksanakan untuk bertanggung jawab semua aktivitasnya. Baik dari segi pemakaian anggaran atau sasaran yang dicapai dari penyelenggaraan event itu.Selesainya event tidak langsung berakhir juga tanggung-jawab panitia atau team pengurus event. Seluruh pihak yang memberikan dukungan terlaksananya event itu umumnya menanti dari hasil panitia berbentuk laporan tercatat. Beberapa sponsor, donatur, bahkan juga sukarelawan sekalinya tetap memerlukan laporan pertanggungjawaban yang dapat dikatakan oleh ketua panitia pelaksana.

Contoh Laporan berbentuk:

Document administrasi

Daftar hadir peserta

Hasil cetak dan soft copy

Dokument Video dan foto

 

5.Jenis event organizer

Event punyai beberapa jenis dari rasio sampai berdasar target atau pasarnya Jenis event berdasar rasio

Event organizer jangan asal-asalan membuat acara. Seorang event organizer yang handal sanggup sesuaikan jenis acara dengan rasio penyelenggaraannya

Mega Event, acara yang diadakan sepanjang 4 atau lima tahun sekali, misalnya Olimpiade.

Hallmark Event, diadakan setahun sekali dan umumnya punyai identitas yang menempel pada pada wilayah di mana acara diadakan seperti Jember Mode Carnaval dan Borobudur Marathon.

Major Event, event yang diadakan pada peristiwa yang belum pasti terulang lagi di masa datang misalkan seperti Merek Activation Jurnal.

Minor Event, acara dengan rasio kecil seperti pernikahan.

 

Jenis event berdasar pasar

MICE

MICE kepanjangan dari Meeting, Incentive , Convention, and Exhibition Untuk MICE dalam penyelenggaraannya memerlukan ketrampilan khusus buat event planner baik dari perijinan usaha, personal-sdm maupun tenaga ahli.

Meeting, acara tatap muka pada perkumpulan dalam jumlah peserta yang konsentrasi dan sedikit seperti outbreak sessions dan VIP rapat.biasanya di selenggrakan di Hotel

Incentive, umumnya dilaksanakan oleh perusahaan swasta maupun BUMN sebagai incentive travel seperti business trip dan manajer awarding.

Convention, tatap muka yang didatangi oleh beberapa orang tertentu untuk memutus sesuatu hal, misalnya pertemuan, summit,FGD, G20.

Exhibition, acara yang menampung penjual dan konsumen pada industri tertentu.Misalnya Indonesia international Book Fair IIBF,Expo Education.

 

Special Event

Special event umumnya diadakan untuk maksud tertentu. Berikut tipe-jenisnya:

Market event, acara untuk pasarkan sebuah produk seperti merek activation dan product rilis.

Sport Event, event penyelenggaraan olahraga dan umumnya dilaksanakan pada masa tertentu, misalnya Piala Dunia.

Corporate Event, acara untuk keperluan perusahaan. Misalkan outing dan event kenaikan kualitas SDM.

Government Event, moment-event pemerintahan misalkan penyelenggaraan pameran kerajinan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

Festival, untuk mengadakan satu peristiwa tertentu dan fokus pada komune tertentu seperti festival buku dan festival musik.

Social Event, event yang diadakan pada umumnya misalkan pernikahan dan ulang tahun.

 

Event Online

Hybrid event sebagai satu istilah untuk mengutarakan ide acara yang menyatukan di antara tatap muka online dan tatap muka off-line. Tujuannya, event ini bukan hanya dilaksanakan pada sebuah media saja. Tapi, ada dua media yang dipakai dengan ketentuan dan ketetapan yang telah disetujui.

Baca juga untuk hybrid event, event online , Virtual event, zoom meeting

 

6.Tips Jalankan Bisnis Event Organizer

Berikut ini adalah beberapa tips dari Agievent yang bisa dilaksanakan saat jalankan bisnis jasa event organizer.

Bentuk tim yang solid

Hal pertama kali yang perlu dilaksanakan yakni membuat tim inti yang solid. Bentuk tim yang dipilih sebagai panitia inti pelaksana acara. Jelas ini penting karena untuk melangsungkan acara besar tidak dapat dilaksanakan sendirian. Membuat tim yang terbagi dalam beberapa orang yang ingin berusaha. Tak perlu kebanyakan, cukup samakan dengan kecil-besarnya rasio acara. Karena semakin bertambah orang umumnya semakin sulit memutuskan karena akan makin bertambah gagasan yang dituang.

Pengalaman

Jika event organizer terdapat beberapa orang profesional dan memiliki pengalaman dalam membuat,menyelenggarakan event baik sekala kecil maupun besar, maka jasa eo dapat dipercayai oleh client, supplier, dan perusahaan yang memberi sponsorship. Karena adanya pengalaman dari perusahaan ataupun personil, Anda semakin lebih mudah dalam menjalankan usaha ini.Bangun portfolio event organizer anda.Berikut portfolio Agievent

Pengembangan Gagasan Inovasi dan kreatif

Jasa event organizer memang dikenali ide inovasi dan kreatif.karena beberapa customer memerlukan beberapa ide inovatif yang dapat buat acaranya klien berkesan dan menjadi sebuah kewajiban untuk event organizer selalu untuk memberikan ide mapun konsep yang inovasi dan kreatif mulai dari Design, Planning, Coordinating, Penilaian.

Jeli lihat peluang dan segment event

Dalami tren yang ada sekarang ini, misalkan trend acara atau lokasi dan sebagainya. Dari hasil penelitian ini akan munculkan gagasan fresh untuk melakukan usaha eo yang unik, sesuai selera pasar dan ikuti tren atau yang diperlukan oleh client. Kesempatan usaha event organizer banyak dilirik orang, berikan penawaran terbaik berdasar penelitian hingga yang Anda kerjakan.

Bangun Rekanan sebanyak-banyaknya

Rekanan adalah sebuah hal yang demikian penting dalam rencana memperoleh client. Bikinlah sebuah jaringan selebar-luasnya, sering-seringlah hadiri beberapa acara yang terkait dengan festival musik, acara pernikahan, pameran, asosiasi event organizer dan beberapa acara yang lain selanjutnya berkenalanlah dengan beberapa orang. karena itu peluang Anda memperoleh client akan makin besar.

Detail dan professional

Seorang EO professional sanggup berpikir hal yang paling detail dalam sebuah acara. Dimulai dari teknis acara, peralatan, keselamatan, keamanan acara, membuat run down acara yang berisi teknis acara yang dibutuhkan sepanjang acara tersebut,pastikan semua peralatan yang diperlukan saat sebelum event dimulai. Bukan hanya itu,semua peralatan itu harus dites lebih dulu hingga dapat digunakan dengan maksimal.

Gunakan teknologi untuk promo

Manfaatkan teknologi Promo atau iklan lewat cara online untuk usaha yang anda jalani, lakukan kampanye iklan dan promo ini akan memperkenalkan secara dekat usaha anda ke calon klien yang tersambung dengan internet yang pada akhirannya mereka akan tertarik dengan yang diiklankan. Promo bisnis event organizer yang anda kerjakan ini penting sekali untuk perubahan usaha anda, melalui internet seperti media sosial seperti facebook, google, youtube atau website eo.

 

7.Pertanyaan sekitar event organizer

 

Apa yang dimaksud dengan event organizer?

Event Organizer adalah pengurus satu acara yang maksudnya mendapat keuntungan dari kedua pihak, baik pelaksana atau yang datang di saat aktivitas berjalan.  

 

Berapakah gaji dan pendapatan EO?

Pendapatan kotor event organizer sekala kecil bisa mencapai Rp200 juta sampai Rp500 juta.  
  • EO sekala menengah Rp 500 Juta sampai Rp 2 milyar
  • Sekala besar diatas Rp 3 milyar

 

Apakah Event Organizer bisa sebagai professi?

Management Event adalah sebuah jalur kuliah di perguruan tinggi jalur ini pada tingkatan D4 dan S1.Jalur Event Manajemen dibuka di Politeknik Internasional Bali, Kampus Prasetiya Mulya,dan beberapa kampus.  

 

Bagaimana kerja event organizer?

  Cara kerja event organizer mengikuti langkah berikut:
  • Perumusan konsep acara
  • Teknis acara
  • Menyusun anggaran
  • Pembagian tugas
  • Pendanaan
  • Persiapan acara
  • Survey lokasi
  • Persiapan acara
  • Laporan acara

 

Jenis event organizer

  • MICE (Meeting-Incentive-Convention-Exhibition)
  • PCO (Professional-Confrence-Organizer)
  • Special Event
  • Event online

 

Event organizer untuk acara apa saja?

Event organizer digunakan untuk acara berbagai dari product launchingexhibitiongathering perusahaanfun games0utbound traningteamm building event online, acara olahraga, sampai festival budaya.